Jumat, 28 April 2017

Kebun Teh Nglinggo Di Kawasan Wisata Kulon Progo


22 April 2017 - Mengisi liburan panjang, saya dan keluarga merencanakan liburan ke Purworejo dan Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Sekitar pukul 09.00 usai nyekar di Grantung, Purworejo kami berangkat ke tempat wisata alam Kebun Teh Nglinggo. Waktu tempuh dari Purworejo ke kebun teh sekitar 1,5 jam.

Menuju ke sana, kami disambut dengan jajaran pepohonan khususnya pohon pinus yang berbaris di tepian jalan. Jalan berkelok-kelok dan naik turun menyerupai puncak. Ingat, sempatkan melakukan pengecekan kendaraan yang akan digunakan untuk berwisata ya. Karena kawasan wisata tersebut memiliki trek jalan berkelok-kelok, tanjakan dan tikungan tajam.

Menuju Kebun Teh Nglinggo, kami menyempatkan untuk singgah di beberapa tempat untuk berfoto dan membeli makanan kecil. Kebun Teh Nglinggo adalah tempat wisata yang masih baru di Kulon Progo, sehingga kedai-kedai di sana belum memiliki menu beragam. Beberapa menu yang ada seperti Dawet Ireng, Somai, Mie Instan dan Teh Nglinggo serta cemilan lain.
Tiket masuk ke Kebun Teh Nglinggo sebesar Rp 5.000 per orang yang terdiri dari dua tiket masuk. Sedangkan untuk biaya parkir Rp 5.000 per mobil.

Di lokasi yang sama, juga terdapat beberapa objek wisata seperti Bukit ngISIS. Unik ya namanya. Ingat loh.. ini Bukit ngISIS, pake "n" dan "g". Pengelola sengata mengecilkan dua huruf tersebut agar eyechatching. Untuk masuk dan berfoto di sini, ada tambahan tiket masuk Rp 3.000 per orang. Di Bukit ngISIS kita bisa berfoto di banyak tempat antara lain lokasi foto menyerupai The Lodge Maribaya, lokasi off road dan camping serta hutan pinus.

Sesuai namanya, kawasan Kebun Teh Nglinggo masuk dalam Desa Wisata Nglinggo yang terletak dipuncak perbukitan menoreh Kulon Progo. Pengunjung yang datang dapat memetik daun teh sambil menikmati keindahan alam perbukitan serta melihat petani teh memetih daun atau pucuk teh saat musim panen.

Nah...kawasan wisata Kebun Teh Nglinggo wajib dikunjungi bagi kalian yang ingin menikmati wisata alam yang masih baru. (ind)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar